Antrean kendaraan dan kemacetan lalu lintas kembali mewarnai ruas-ruas jalan utama di wilayah kabupaten Purbalingga untuk jalur arus balik Lebaran 2013. Arus balik itu mencapai puncaknya pada Sabtu malam 10 Agustus 2013. Sehinga dibutuhkan kesigapan ekstra para petugas dan kedisiplinan para pengguna jalan untuk mencegah kemacetan yang lebih parah.
Kepala Dinhubkominfo Purbalingga Drs. Yonathan Eko Nugroho M.Hum mengatakan, Arus balik itu sudah terlihat di beberapa kawasan wisata Owabong, Purbasari Pancuran Mas dan jalur sepanjang Purbalingga – Bobotsari. Namun hingga H+ 3 Lebaran secara keseluruhan dapat berjalan lancar dan aman. Untuk para penumpang arus balik hingga Minggu malam 11 Agustus 2013 dapat terangkut seluruhnya.
Ditambahkan Yonathan, dari H – 7 hingga saat ini untuk lalu lintas di wilayah Purbalingga dapat berjalan lancar. Dari pantauan Dinhubkominfo hingga kini tidak terjadi dan tidak ada laporan tindak kejahatan di Terminal Purbalingga maupun di Terminal Bobotsari. Sedangkan para penumpang mudik maupun balik dapat terlayani dengan baik diterminal. 70 petugas dari Dinhubkominfo selama ini, telah bertugas 24 jam secara bergilir, di terminal tersedia Pos Keamanan kerjasama dengan Polres dan Kodim 07/02 Purbalingga.
Menurut Yonathan, pihaknya bersama jajarannya selalu memberikan himbauan kewaspadaan terhadap penumpang dan awak angkutan melalui pengeras suara di Terminal Purbalingga dan Bobotsari. Untuk awak angkutan untuk beristirahat ketika telah mengantuk, dan pada para penumpang untuk tetap menjaga barang bawaannya.
Dijelaskan Yonathan, untuk memberikan layanan keamanan dan kenyamanan para penumpang, khususnya saat arus balik, Dinhubkominfo terus melakukan pengecekan terhadap Kendaraan angkutan. Pengecekan kendaraan angkutan antara lain kelaikan kendaraan dan pengecekan surat surat ijin kendaraan.
Dan bila ditemukan ada kekurangan pada kendaraan angkutan tersebut, pihaknya langsung menindak tegas dengan menurunkan seluruh penumpang dan Bus diperintahkan untuk meninggalkan terminal tanpa penumpang, dan diperintahkan segera melengkapi kekurangannya.
Hal tersebut semapat terjadi pada Sabtu malam, salah satu Bus AKAP ternyata surat ijin trayeknya telah kadaluarsa, sehingga harus meninggalkan terminal Purbalingga tanpa penumpang.
Yonathan berharap kelancaran dan keamanan selama ini dapat dipertahankan hingga H+7 lebaran. Sehingga kecelakaan lalu lintas dan kejahatan di terminal selama lebaran dapat dihindari.