Karang Taruna 1
Kehadiran Internet saat ini, hampir setiap bisnis baik besar atau kecil, perlu mengembangkan bisnisnya di dunia online. Peningkatan permintaan dalam pemasaran online telah menjadikan optimasi mesin pencari Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Metode Pemasaran Bisnis Online. Sebagai lembaga keswadayaan masyarakat KIM Pallawa desa Grecol kecamatan Kalimanah Purbalingga, kembali mengadakan Pelatihan SEO bagi Karang Taruna, Remaja, Pemuda, dan Pelajar. Kegiatan ini berlangsung Minggu 17 November 2013 di Wifi Zone desa Grecol Kalimanah.
Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Pallawa Nur Arief menuturkan, pelatihan ini bertujuan untuk mengajak dan mengarahkan para remaja saat ini untuk lebih kreatif, inovatif, dan bijaksana dalam menggunakan Internet. Sedangkan targetnya para pemuda dan remaja dapat mengenal SEO, mampu mengunggah sebuah tulisan menjadi uang atau menghasilkan uang, baik di Blog, Website, maupun di media jejaring social.
Diakui Nur Arif kepesertaanyna memang belum dapat optimal. Namun manfaat dari pelatihan ini sangat besar, pasalnya saat ini metode efektif dan efesien yang paling disukai bagi perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka melalui online. Para peserta mengikuti pelatihan secara cuma-cuma (gratis), dengan pemateri Danny Kurnianto, ST. dari Sekolah Tinggi Tekhnolgi Telematika (ST3) Telkom Purwokerto
Menurut Arief, SEO pada dasarnya adalah proses yang berkelanjutan untuk memastikan peringkat website yang dibuat dapat setinggi mungkin di semua mesin pencari. SEO sendiri lebih dari membuat perubahan pada sebuah website, seperti misalnya menambahkan atau memodifikasi kata kunci, restrukturisasi halaman website, membuat sitemaps dan seo-friendly link, meningkatkan traffic toko online dan lainya. Para peserta juga dapat mengupload artikel direktori, press release, blog posting, panduan membangun link, social bookmark, dan social media.
Dengan SEO sebagai metode pemasaran bisnis online, peserta akan memiliki orang-orang atau calon pembeli yang sudah siap untuk datang ke website. Dan memungkinkan peserta memiliki target orang- orang yang memang sedang mencari produk atau jasa yang dijual pada website.
Keuntungan besar lain dari SEO sebagai metode pemasaran bisnis online adalah jangkauan global. Website tersebut akan terhubung dan tersedia secara global untuk semua pengguna internet. Serta para peserta diharapkan dapat mengembangkan usaha melalui internet, dan memanfaatkan internet sebagai media usaha.