Peranan Dinkominfo Kedepan Sangat Penting Sebagai Pusat Data

PURBALINGGA – Peranan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) baik di provinsi maupun di kabupaten/kota di masa depan akan sangat penting. Dikarenakan akan mempunyai peranan dalam pengumpulan data  statistik, pengolahan data statistik dan pendistribusian data statistik.
Kepala Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah, Dadang Sumantri mengatakan adanya rencana peraturan presiden tentang Dinkominfo sebagai pusat wali data maka peran Dinkominfo sangat penting dalam pembangunan daerah khususnya sebagai pusat data. Badan Pusat Statistik nantinya akan berperan sebagai pembina statistik di daerah, sedangkan Dinkominfo akan berperan sebagai pengumpul, pengolahan, dan distribusi data.
“Kredibilitas Dinkominfo sebagai pusat data sangat dipertaruhkan dalam melayani pemerintah daerah, swasta dan masyarakat yang membutuhkan data statistik. Kecepatan pelayanan Dinkominfo harus terukur dan jelas,” katanya saat membuka pertemuan kontributor berita se-Jateng di Hotel Surya Yudha Banjarnegara, Selasa malam (22/8). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan sumber daya informasi di daerah.
Terkait dengan peranan kontributor di masing-masing kabupaten / kota, Dadang sangat mengapresiasi kinerja para kontributor. Hal tersebut dikarenakan peranan kontributor sangat bagus dalam memberikan pemberitaan yang baik ditengah-tengah gelombang pemberitaan  yang bersifat “nyerang” dengan pemerintah.
” Bad news ia good news masih menjadi paradigma sebagian para jurnalis media. Biarlah peran kontributor menjadi warna dalam pemberitaan yang baik,” katanya.
Sedangkan Kepala bidang statistik pada Dinkominfo Provinsi Jateng, Tubayani mengatakan peranan Dinkominfo sebagai pusat data nantinya akan dibantu oleh wali data pembantu yakni masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada.
Kemudian nanti ada forum validasi data yang nantinya akan diampu oleh Badan penelitian dan perencanaan pembangunan daerah ( Bapelitbangda ), Dinkominfo dan asisten sekda yang membidangi pembangunan.
” Kegiatan pengembangan  sumber daya informasi diikuti oleh 35 kabupaten / kota Semarang Jawa Tengah, selama 2 hari. Selain outbound dan rafting, kegiatan juga akan dilakukan seminar yang akan diisi oleh 2 orang pemateri,” katanya.
Pemateri tersebut lanjut Tubayani berasal dari kepala Dinkominfo Banjarnegara, Tien Sumarwati yang akan mengambil tema kebijakan pembangunan informasi dan informatika di kabupaten Banjarnegara dengan moderator Kepala Dinkominfo Purbalingga Tri Gunawan Setyadi. Kemudian pemateri kedua berasal dari jurnalis Harian Kompas, Laurentia Lucky T yang akan membawakan materi efektivitas penulisan berita pembangunan di Jawa Tengah dengan moderator Kabag Humas kota Surakarta, Heri Purwoko. (HI-2 )

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *