FK Metra Purbalingga tampil di PRPP Jateng

PURBALINGGA- Forum Koordinasi Media Tradisional (FK Metra) Purbalingga tampil di Pekan Raya Pembangunan Propinsi (PRPP) Jawa Tengah. FK Metra menampilkan kesenian tradisional lengger khas Purbalingga yang dikemas dengan tari kreasi dan seni drama logat ngapak, dengan judul Molek Glathek Ketemu Dewek.
Sutradara FK Metra Purbalingga, Sutarko mengatakan arti dari molek glathek ketemu dewek adalah apa yang dilaksanakan itu yang akan didapat di kemudian hari. Cerita itu menggambarkan seorang kaur di desa yang menggunakan kekuasaan untuk memperkaya diri sendiri akibat desakan gaya hidup isteri dan anaknya yang glamor.
” Cerita itu kita kemas dengan tarian lengger khas Purbalingga beserta musik calung. Pesan yang dibawakan  agar setiap orang yang mempunyai kekuasaan tidak menggunakan dengan sewenang-wenang. Hal tersebut dikarenakan bisa berakibat hukum yakni adanya tindakan korupsi, karena yang menyogok dan disogok akan mendapatkan sanksi,” katanya saat tampil di PRPP Jateng, Minggu malam (20/8).
Kepala dinas komunikasi dan informatika provinsi Jawa Tengah, Dadang Sumantri mengatakan tujuan lomba FK Metra tingkat Jawa Tengah agar kesenian tradisional dapat dilestarikan keberadaannya. Melalui FK Metra program-program pemerintah juga bisa disebarkan ke masyarakat lewat kesenian.
” Selain itu juga mengembangkan aspek organisasi dan manajemen inisiatif dan proaktif dalam mengembangkan kesenian tradisional,” katanya.
Sedangkan sekretaris daerah provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono mengatakan Pemprov senantiasa mendukung perkembangan FK Metra sebagai salah satu pendukung sosialisasi program dan kegiatan pemerintahan. Untuk itu Pemprov terus mendorong agar kabupaten/kota yang belum mempunyai FK Metra segera membentuknya.
“Saat ini dari 35 kabupaten/kota tinggal 9 kabupaten/kota yang belum membentuk FK Metra. Untuk itu saya tugaskan kepala Dinkominfo Jateng untuk segera berkoordinasi dengan Dinkominfo kabupaten/kota untuk percepatan pembentukan FK Metra di masing-masing kabupaten/kota” katanya.
Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan juara lomba FK Metra tingkat Jawa Tengah. Juara 1 di peroleh Kabupaten Karanganyar, juara 2 diperoleh Kabupaten Purbalingga dan juara 3 diperoleh Kabupaten Rembang.  Sedangkan juara harapan 1 Kabupaten Grobogan, harapan 2 Kabupaten Pekalongan dan harapan 3 Kabupaten Magelang.
Dewan sebanyak 3 orang yakni Handi Tr dari dewan kesenian Semarang, Daniel Hakiki dari  FK Metra propinsi Maston dari teater lingkar. Penerima hadiah untuk Purbalingga diberikan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Tri Gunawan Setyadi. (HI-2)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *