Pelatihan KIM Pallawa grecol
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Pallawa desa Grecol kecamatan Kalimanah Purbalingga mengelar pelatihan komputer bagi para Guru SD dan MI sekecamatan Kalimanah untuk meningkatkan SDM bagi Guru. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari 11 – 13 November 2013 di Wifi Zone KIM Pallawa desa Grecol Kalimanah.
Ketua KIM Pallawa desa Grecol Nur Arief menuturkan, pelatihan ini merupakan cara terbaik untuk mempelajari TIK yang bertujuan mendukung pendidikan dan pembelajaran bagi guru-guru dengan pelatihan yang berkualitas. Sedangkan materi yang diberikan pada 11 November berupa Office Word, 12 November Office Excel, dan 13 Novemeber berupa Adobflash. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu pembelajaran di sekolah.
Menurut Nur Arief, pelatihan kali ini KIM Pallawa bekerjasama denga Sekolah Tinggi Tekhnolgi Telematika (ST3) Telkom Purwokerto dan Dinhubkominfo Purbalingga. Pelatihan ini merupakan usaha untuk peningkatan kualitas guru berkaitan dengan penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pelatihan yang berjalan selama tiga hari tersebut masih dalam tahap pengenalan dasar-dasar TIK.
Diharapkan kemampuan para guru dalam TIK menjadi lebih baik sehingga mampu mempermudah beberapa tugas seperti menginput nilai dan menulis artikel-artikel, baik yang berupa olah presentasi,  olah angka  maupun  olah kata berabasis  program Office. Hal ini merupakan kepedulian KIM Pallawa dalam ikut serta mendukung program pemberantasan buta internet.
Ditambahkan Nur Arief, selain pelatihan untuk Guru, pada 14 November 2013 juga akan digelar pelatihan internet bagi ibu ibu, baik ibu rumah tangga, kader PKK, Posyandu lansia, dan istri para perangkat desa. Sedangkan pada 17 November mendatang akan diadakan pelatihan SEO bagi anggota Karang Taruna desa Grecol.
Sementara salah satu pemateri dari ST3 Telkom Purwokerto Risa Farrid Cristianti mengatakan, pelatihan seperti ini sangat bermanfaat bagi para Guru dan warga masyarakat agar tidak ketinggalan informasi dan tekhnologi. Sedangkan materi yang diberikan merupakan pengenalan dasar computer dan aplikasinya, seperti Office Word dan Excel.
Diharapkan para peserta dapat mengenal cara cara membuka aplikasi computer, mampu mengenal aplikasi computer, mampu mengaplikasikan sesuai kebutuhan, dan dapat membuat data berupa table dan grafik.

[email protected]