• Uncategorized
  • 1

Sosialisasi Parental Control dan Sosialisasi Program KIM Pallawa

sosialisasi KIM Palawa

Sabtu, 12 Oktober 2013, pukul 16.30 WIB, bertempat di Rumah Bapak Kadus IV Desa Grecol, KIM Pallawa melaksanakan sosialisasi Parental Control dan sosialisasi program KIM Pallawa pada acara arisan rutin PKK.

Parental Control adalah sebuah upaya orang tua yang bukan sekedar mengontrol atau memantau gadget atau aktifitas browsing internet anak, tetapi juga upaya pendampingan, pemberian pemahaman, dan ruang diskusi pada anak, terhadap apa yang mereka gunakan menggunakan teknologi-teknologi tersebut.

Sebagaimana diketahui, anak sekarang mudah sekali mengakses content, dibandingkan orang tuanya. Dan apa yang mereka dapati, jauh lebih banyak dibanding apa yang didapati orang tuanya. Memang ada banyak sekali content positif, khusunya untuk edukasi, tapi banyak juga yang tidak layak untuk diakses oleh anak-anak.

Sosialisasi ini pun tidak lupa diberi pengantar “Content Filtering“, tapi karena kebanyakan ibu-ibu belum bisa mengakses internet, laptop, dan gadget, maka materi terbanyaknya adalah “Parental Control“.

SOSIALISASI PROGRAM KIM PALLAWA

Selain menyosialisasikan “Parental Control dan Content Filtering”, Mas Arif dari KIM Pallawa juga menyampaikan beberapa program yang bisa diikuti oleh warga masyarakat, diantaranya:

1. Untuk memudahkan seluruh siswa baik tingkat SD-SMP-SMU dalam mencari referensi untuk mengerjakan tugas-tugas sekolahnya, KIM Pallawa telah membuka “Hotspot KIM Pallawa” yang terletak di sebelah selatan TK ‘Aisyiyah Desa Grecol (ada tanda sticker WiFi Zone), yang free, tanpa diprotect, agar siapapun bisa mengakses konten untuk pendidikan, dan seluruh informasi lainnya. Hotspot ini juga boleh digunakan oleh siapapun, baik petani yang ingin mencari referensi-referensi pertanian, peternak, perajin, guru, aparat, ibu rumah tangga, dan sebagainya.

2. Pemberantasan Buta Baca-Tulis-Hitung bagi siapa saja, khususnya orang tua, dengan pengajar dari KIM Pallawa dan mahasiswa (dalam konfirmasi).

3. Desa Belajar, yaitu upaya KIM Pallawa membantu belajar anak-anak sekolah dari tingkat SD-SMP-SMU, dalam memahami pelajaran-pelajaran di sekolahnya dengan pengajar dari KIM Pallawa dan mahasiswa (dalam konfirmasi).

4. Desa Buku, yaitu penyediaan buku-buku bacaan berbagai genre untuk pelajar dan warga masyarakat, yang bisa dikunjungi di sekre-sekre KIM Pallawa.

5. Bantu Perajin Bambu, yaitu upaya penyelamatan keterampilan perajin bambu, dan upaya membantu meningkatkan ekonomi mereka.

6. Pemberantasan Buta Komputer, yaitu upaya untuk mengajarkan keterampilan menggunakan komputer kepada warga masyarakat, agar mereka familiar dan mampu mengoperasionalkan komputer.

7. Pemberantasan Buta Internet, yaitu upaya mengajarkan keterampilan menggunakan internet kepada warga masyarakat, agar mereka familiar dan mampu mengakses, mengisi, dan mengolah konten.

(sumber : http://kimpallawa.wordpress.com)

You may also like...

1 Response

  1. desty says:

    Hehehe.. KIM nya orang Kalimanah masuk berita :)sukseslah pokoknyaa
    https://www.facebook.com/BeritaPurbalingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *