Pawai Karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke 68 tahun 2013, yang menggusung tema Purbalingga Membangun berlangsung meriah. Kegembiraan warga masyarakat yang menyaksikan kegiatan itu terlihat antusias. pasalnya berapa tahun tidak digelar pawai karnaval dalam rangka HUT RI, kerinduan masyarakat telah terobati. Tahun 2013 ini, Panitia HUT RI ke 68 tingkat kabupaten Purbalingga menghadirkan 104 kontingen.
Pawai Karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke 68 diselenggarakan pada hari Senin 19 Agustus 2013., dimulai pukul 08.00 – 14.00 Wib. Meski jumlah kontingen sedikit berkurang, hal ini karena persiapan mepet dan pasca warga masyarakat merayakan idul fitri. Namun secara keseluruhan kegiatan pawai berjalan lancar dan aman.
Kepala Dinhubkominfo Purbalingga Drs Yonathan Eko Nugroho M Hum selaku penanggung jawab mengatakan, pihaknya beserta jajarannya ikut serta dalam pawai barisan, terdiri dari  staf sekretariat Dinhubkominfo, Kominfo dan dua Radio yakni 103 FM Radio Suara Perwira dan Ardilawet FM.
Ditambahkan Yonathan, pihaknya memberikan Apresiasi untuk Radio Suara Perwira selain membawa Replika Tower antena radio, juga karena radio tersebut masih nguri nguri kabudayan calung banyumasan, dan siaran menggunakan sound disepanjang jalan mengikuti pawai.
Ditambahkan Yonathan, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada kelompok masyarakat, organisasi, lembaga pemerintah maupun swasta yang akan berpartisipasi dalam pawai karnaval ini. Dengan menampilkan berbagai jenis kesenian, budaya, olahraga, potensi, kerajinan/produksi/perjuangan/patriotism dan kreativitas masyarakat. Peserta pawai harus menggambarkan dari kondisi Purbalingga yang sedang giat membangun, dan pawai lebih meriah.
Kegiatan pawai dan karnaval dijadikan satu rangkaian. Untuk pawai jalan kaki start di depan SDN 1 Purbalingga Lor atau jalan Pujowiyoto, sedangkan start karnaval kendaraan hias di depan pendopo Cahyana rumah jabatan wakil bupati. Menurut Yonathan, kegiatan ini merupakan kegiatan terakhir atau sebagai momentum perpisahan Bupati Heru Sudjatmoko dalam memimpin Purbalingga. pasalnya direncanakan pada bulan Agustus ini, Bupati Heru akan segera dilantik menjadi Wakil Gubernur Jawa Tengah.