Setelah melakukan sosialisasi perangkat lunak Open Source Software (OSS) dan menggelar pelatihan bimbingan teknis OSS, bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dinhubkominfo Purbalingga melakukan survey.
Survey pemanfaatan OSS dilakukan di UPTD Purkesmas dan UPTD Dinas Pendidikan se Kabupaten Purbalingga, bekerjasama dengan Komunitas Pengguna Linuk Banyumas.
Kasi Sarana Komunikasi  dan Diseminasi Informasi Dinhubkominfo Purbalingga Baryati S Kom mengatakan, dalam pendataan kali ini melibatkan tenaga pendamping dari komunitas Pengguna Linux Wilayah eks Banyumas.
Tujuan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan monitoring, pendampingan dan migrasi / instalasi Open Source Software. Karena sebelumnya Kominfo telah melakukan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis OSS.
Tujuan akhir adalah untuk memastikan SKPD di Purbalingga sudah menggunakan OSS, karena sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tentang Pemanfaatan perangkat lunak  dan Open Source Software, dalam tahun 2012 ini, akibat hokum dari penggunaan perangkat lunak diluar OSS ditanggung oleh operator/pemakai computer.
Ditambahkan Baryati, pihaknya siap melakukan pendampingan dan bimbingan pelatihan bagi pegawai, termasuk melakukan install linuk.

[email protected]