Pelayanan publik di lingkungan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Purbalingga secara umum mencerminkan tingkat kualitas yang baik. Hal ini terbukti dari ke 14 unsur pelayanan semua nilai rata-rata diatas nilai perepsi 3. Nilai Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) Unit Pelayanan Dinhubkominfo setelah dikonversikan 75.50 berada pada interval 62,51 – 81,25. ini dapat disimpulkan kinerja unit pelayanan dinhubkominfo adalah baik.
Kepala Dinhubkominfo Purbalingga Drs Yonathan Rko Nugroho M Hum membenarkan, berdasarkan survey indek kepuasan masyarakat (IKM) yang telah dilakukan pada bulan Nopember 2012 lalu, semua unit pelayanan Dinhubkominfo memiliki nilai baik. Unsur pelayanan yang dinilai meliputi porsedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan tugas pelayanan, kedisiplinan petugas, tanggungjawab petugas, kemampuan, kecepatan, keadilan dan kesopanan serta keramahan.
Unsur lain yang masih dinilai berupa kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya, kepastian jadwal, kenyamanan lingkungan dan keamanan pelayanan. Jumlah responden yang dijadikan sasaran quesioner 160 responden yang ditentukan secara acak.
Sedangkan unit pelayanan yang disurvey IKM meliputi unit Pelayanan Pnegujian Kendaraan Bermotor, Unit Pelayanan Ijin Trayek, Unit Pelayanan Parkir, unit pelayanan terminal Purbalingga, Bobotsari, Bukateja, Kutabawa, dan terminal Kejobong, serta dua unit LPPL Radio Suara Perwira dan Ardi Lawet.
Dijelaskan Yonathan, tujuan dari survey IKM adalah untuk mengukur IKM pada Dinhubkominfo, sebagai dasar peningkatan kualitas pelayanan publik di tahun 2013 ini. Sehingga dengan surbey tersebut dapat teridentifikasi harapan masyarakat akan pelayanan publik di Dinhubkominfo, terpetakan kelemahan dan kekurangan di unit-unit pelayanan, serta sebagai dasar dalam menilai percapaian kinerja pelayanan pada tahun berikutnya.
Copyright@UmangRSP