Dinhubkominfo kabupaten Purbalingga ikut serta mendukung penilain Adipura P–1 tahun 2013, salah satunya melakukan pembenahan Terminal Purbalingga. Terminal menjadi satu objek penilaian dalam P-1 Adipura, dalam Penilaian Adipura tahun lalu Terminal Purbalingga mendapatkan nilai delapan. Karena dinilai rapi dan bersih.
Kepala Terminal Purbalingga Joko Purnomo menuturkan, pihaknya melakukan upaya terus menggelorakan kebersihan lingkungan di terminal, dengan melaksanakan Jumat bersih, dan rutin tiap hari memantau kebersihan lingkungan terminal. Hal itu demi untuk mempertahankan nilainya seperti tahun lalu dan mencoba untuk mendongkrak penilaiaan. Upaya yang lain setiap hari pihaknya menghibau pada warga yang berada dilingkungan terminal melalui pengeras suara untuk berlaku tertib dan bersih.

Joko menambahkan,  saat ini terminal Purbalingga telah dibangun Ruang Terbuka Hijau, namun pihaknya masih terkendala perawatan taman. Apabila musim kemarau tiba, pihaknya kesulitan untuk menyirami tanaman yang ada, karena tidak ada sumber air. Namun Joko telah melaporkan kondisi tersebut pada Kepala Dinas untuk segera diupayakan pembuatan dua sumur bor untuk perawatan taman.

Menurut Joko, kebersihan terminal selalu terjaga setiap hari karena pihaknya bersama sama dengan anggota untuk melakukan ceking dilapangan, utamanya pada para pedagang untuk membudayakan membuang sampah pada tempatnya. Dan pada para pedagang asongan dihimbau untuk ikut serta manjaga kebersihan dan mau untuk mengingatkan para penumpang untuk membuang sampah pada tong sampah yang telah tersedia.
Dijelaskan Joko, selain kebersihan lingkungan, para petugas kebersihan dilingkungan terminal juga tetap menjaga MCK tetap bersih, sehingga tidak menimbulkan bau. Saat ini yang menjadi kendala di terminal yakni kurang adanya pohon peneduh. Masalah ini juga telah melaporkan ke Pemkab Purbalingga melalui Badan Lingkungan Hidup, sehingga segera untuk diupayakan penanaman pohon peneduh. Agar terminal terlihat besih, sehat nyaman, dan teduh.
Sementara untuk menghadapi Tim Penilai pusat, 3 hari sebelum penilaian pihaknya bersama sama dengan para pedagang di lingkungan terminal, untuk membersihkan meja, kursi,  agar terlihat rapi dan bersih. Dan selanjutnya pihaknya siap mendukung Purbalingga untuk meraih adipura 2013 / 2014 mendatang.

[email protected]