Permasalahan lalu lintas di kabupaten Purbalingga pada saat ini mulai dirasakan oleh pengguna jalan. Permasalahan tersebut diantaranya tentang tingginya volume lalu lintas dan pertumbuhan kendaraan yang sangat cepat, tidak dimbangi dengan prasarana transpotasi jalan yang memadai. Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), yang dipimpin oleh Kepala Dinhubkominfo Purbalingga Drs. Yonathan Eko Nugroho, M.Hum di Ruang Rapat Bupati, pagi tadi Sabtu (21/06).
Ketua Forum LLAJ Purbalingga Drs. Yonathan Eko Nugroho, M.Hum mengatakan, permasalahan lalu lintas di wilayah Purbalingga merupakan tanggungjawab bersama untuk itu keberadaan Forum LLAJ ini dianggap sangat penting, untuk mengakomodir permasalahan lalu lintas di Purbalingga, termasuk didalamnya untuk pengadaan rambu rambu lalu lintas. Pembentukan forum ini bermuara untuk kepentingan dan keselamatan masyarakat dalam berkendaraan di jalan raya. Sehingga ke depan dapat dilakukan Mamping untuk mengatasi masalah yang ada, demi kenyaman, keamanan dan keselamatan masyarakat.
Ditambahkan Yonathan, forum LLAJ merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang lalu lintas dan angkutan jalan, demi terciptanya sistem transpotasi di wilayah perkotaan yang terpadu dan mampu mengakomodasi mobilitas orang dan barang dengan lancar untuk mendukung perekonomian dan aktifitas masyarakat. Hal ini juga membutuhkan strategi untuk mengembangkan langkah langkah perbaikan dan pengaturan lalu lintas dan angkutan secara optimal.
Dijelaskan Yonathan, maksud dan tujuan dibentuknya forum LLAJ ini untuk mewujudkan lalu lintas dan angkutan yang aman, lancar, tertib, dan selamat. Serta terwujudnya etikan berlalu lintas dalam berkendaraan di jalan umum.
Hadir dalam rapat koordinasi forum LLAJ yakni Kepala Dinhubkominfo Purbalingga Drs. Yonathan Eko Nugroho, M.Hum, Sekretaris Dinhukominfo Dra. Nurhayati,  Kasatlantas Polres Purbalingga Margono, Perwakilan Kodim 02/07, serta para Kepala Stakeholder terkait.
Sementara Kasatlantas Polres Purbalingga Margono menuturkan, Forum LLAJ ini diharapkan dapat sebagai media untuk koordinasi, pengaturan, pembinaan, dan pengawasan terhadap sarana prasarana jalan. Sehingga ada 3 hal yang patut diperhatikan dalam berlalu lintas yakni Kemacetan, Pelanggaran, dan Kecelakaan lalu lintas. Hal tersebut harus didukung dengan 5 pilar keselamatan  antara lain  Management keselamatan, Jalan yang berkeselamatan, Kendaraan yang berkeselamatan, Pengguna jalan yang berkeselamatan, dan Responsif penanganan kecelakaan.