Belasan pelaku usaha mikro kecil (UMKM) di Purbalingga mengikuti Pelatihan IT untuk Marketing. Pelatihan sehari yang diselenggarakan Dinhubkominfo kerjasama dengan STT Telematika Telkom berlangsung di aula setempat Kamis (14/4).
Kabid Kominfo Eri Rusdi Wibowo saat membuka pelatihan mengungkapkan, bisnis online di Indonesia cukup dasyat. Bahkan omset bisnis online ini mencapai seperdelapan dari APBN.
Eri Rusdi mengingatkan kepada pelaku usaha sebelum memasarkan produknya melalui media online perlu dirancang terlebih dahulu. Pasalnya biasanya orang akan mencari barang melalui online, ada tiga pertimbangan yang menjadi pedoman, yakni harga, diskripsi barang yang dijual dan image atau gambar dari barang tersebut.
Ketua panitia Baryati S Kom kepada wartawan menuturkan, kegiatan pelatihan ini didasari program kegiatan bidang Kominfo melalui program pengembangan teknologi informasi melalui kegiatan pembinaan forum komunikasi media tradisional dan kelompok informasi masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan permintaan langsung dari pelaku usaha mikro yang tergabung dalam Paguyuban UMKM untuk pelatihan marketing melalui media online.
Sedangkan alas an dilakukan pelatihan marketing online Karen memiliki kelebihan disbanding marketing konvenional. Kelebihan marketing online antara lain pasar yang luas, promosi murah, modal lebih kecil, system kerjanya 24 jam, dapat dijalankan paruh waktu dan dapat dilakukan dimana saja.
Narasumber dalam pelatihan ini merupakan dosen STT Telematika Telkom Purwokerto Danny Kurnianto ST.,M.Eng.
Danny menuturkan, saat ini sudah era digital sehingga trend bisnis juga mulai merambah menggunakan teknologi online. Konsep dasar bisnis online sangat sederhana, yakni memiliki toko online atau ruangan virtual, penjual harus memiliki barang yang dijual dan harus memiliki jaringan internet. Toko Online dapat memanfaatkan websit, facebook atau memanfaatkan kaskus. (umang-kominfo