Dinkominfo Sosialisasikan Percepatan Pelayanan Persandian SCA

Purbalingga, Dinkominfo – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga adakan sosialisasi percepatan pelayanan  Secure Chat Application (SCA) di Aula Dinkominfo, Selasa (13/6). Kepala Dinkominfo Purbalingga,  Tri Gunawan mengatakan pentingnya keamanan dalam melakukan komunikasi terkait informasi rahasia negara.

“Kita ada di era keterbukaan informasi, namun ada informasi khusus, untuk melindungi dokumen dan informasi negara, maka dari itu SCA ini disosialisasikan untuk mempecepat pelayanan persandian dan melindungi komunikasi agar tidak disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Kepala Bidang Sandi Statistik dan Telekomunikasi (SST),  Sugiman mengatakan sosialiasi SCA dilaksanakan berdasarkan dengan Peraturan Presiden(Perpres) Nomor 53  Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) .  “Harapnya kedepan terkait disposisi surat antar OPD, atau komunikasi rahasia yang berkaitan dengan informasi rahasia negara dapat melalui surat online yang aman” kata Sugiman.

Sementara itu, Kapala Seksi Sandi Purwanti menjelaskan SCA merupakan fitur yang tertanam dalam iSec-HT. Dia menjelaskan iSec HT dapat melakukan pesan secara broadcast ke OPD seperti HT Radio Analog dengan multi channel secara aman(secure).”Melalui SCA pelayanan persandian akan semakin cepat,  bukan cuman cepat namun juga aman,” katanya.

Purwanti mengatakan fitur SCA juga terpantau oleh Lembaga Sandi Negara. “Jika melakukan komunikasi melalui SCA harus benar-benar digunakan untuk informasi penting, jika digunakan untuk bercanda bisa langsung dicabut,” katanya

Pada kesempatan lain, Purwati mengatakan Kabupaten Purbalingga telah mendapatkan sebanyak 35 perangkat IScet-HT dari Lemseneg. “Masing-masing OPD sudah ada, namun  dalam pengoprasian alatnya, minat dan pemahamannya masih kurang, karena itulah perlu disosialiasikan kembali,” kata Purwanti.

Purwati juga berharap ada perhatian dari pemerintah daerah untuk menambah sumber daya manusia (SDM) terkait bidang persandian. “Baru ada satu juru sandi (Sandi Man) di Kabupaten Purbalingga, harapnya ada penambahan SDM serta dukungan agar kegiatan sosialisasi di Tahun 2018 dapat terealisasi,” ungkapnya.

(DALP)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *