Dinkominfo Serahkan Bantuan Buku

PURBALINGGA, INFO – Dalam rangka meningkatkan budaya literasi masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga menyumbangkan sejumlah buku bacaan untuk Perpustakaan Limbah Pustaka Desa Muntang, Kecamatan Kemangkon. Penyerahan buku bacaan tersebut diberikan secara langsung oleh Kepala Bidang Humas dan Informasi Komunikasi Publik (IKP), Prayitno kepada Rr. Hendarti Kepala Perpustakaan Limbah Pustaka Desa Muntang.

Menurut Prayitno, penyerahan bantuan buku bertujuan mendukung gerakan literasi dan menumbuhkan minat baca masyarakat. Ia menambahkan dengan rendahnya minat baca masyarakat, maka semua pihak harus turut serta dalam mendukung budaya baca khususnya pemerintah.

“Keikutsertaan pemerintah dalam mengembangkan minat baca sangat berpengaruh bagi perpustakaan desa maupun taman bacaan masyarakat,” kata Prayitno saat ditemui di kantor Dinkominfo Kabupaten Purbalingga, Rabu (12/7).

Prayitno berharap dengan adanya bantuan buku dari Dinkominfo dapat bermanfaat khususnya bagi masyarakat di Desa Muntang. Tidak hanya itu ia juga menuturkan nantinya minat baca di masyarakat khususnya di Purbalingga semakin meningkat dan ini bisa menjadi contoh juga bagi desa-desa lain untuk mengembangkan budaya baca.

“Semoga buku-buku ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan memberikan dampak positif bagi TBM Limbah Pustaka sehingga mampu menjadi contoh bagi desa lainnya,” ujarnya.

Hendarti (Arti) yang pada kesempatan tersebut menerima bantuan buku mengaku senang terlebih buku yang diberikan menarik untuk dibaca. Menurutnya, bantuan buku dari Dinkominfo sangat bermanfaat khususnya bagi Perpustakaan Limbah Pustaka dan juga masyarakat Desa Muntang.

“Bukunya bagus-bagus, ini jelas bermanfaat untuk masyarakat karena mereka bisa lebih mengenal tentang Purbalingga,” jelasnya.

Bagi Arti, bantuan buku dari pemerintah dapat menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi masyarakat yang belum mengenal Purbalingga. Harapannya, ke depan tidak hanya Dinkominfo saja melainkan Dinas/Kantor/Instansi lain dapat mendukung program literasi melalui buku bacaan yang disumbangkan.

“Terima kasih atas bantuan bukunya, semoga kedepan teman-teman saya yang berkecimpung di perpustakaan desa ataupun taman bacaan dapat merasakan kebahagiaan yang kami rasakan,” ungkap Arti.

Buku bacaan yang disumbangkan Dinkominfo Kabupaten Purbalingga pada Perpustakaan Limbah Pustaka diantaranya Sejarah Purbalingga, Kuliner dan Pariwisata, Pengetahuan Umum, Majalah Pemerintah dan masih banyak buku bacaan yang lainnya. Buku-buku yang diberikan lebih dari satu nantinya akan dibagikan dengan perpustakaan dan Taman Bacaan  yang lain walaupun tidak banyak.

“Walaupun sedikit, buku-buku yang ada lebih dari satu nanti akan kami berikan juga bagi perpustakaan yang lainnya,” pungkasnya. (PI-7)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *