Ringkasan Kinerja

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM. 81

Tahun 2011 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Perhubungan Daerah Provinsi dan Darah Kabupaten/Kota, terdapat 1 (satu) jenis pelayanan dasar yang harus dilaksanakan, yaitu Pelayanan Angkutan Jalan, terdiri dari :

Jaringan Pelayanan Angkutan Jalan dengani indikator ::

  1. Tersedianya angkutan umum yang melayani wilayah yang telah tersedia jaringan jalan untuk jaringan jalan Kabupaten, dengan tingkat capaian sebesar 92%.
  2. Tersedianya angkutan umum yang melayani jaringan trayek yang menghubungkan daerah tertinggal dan terpencil dengan wilayah yang telah berkembang pada wilayah yang telah tersedia, dengan tingkat capaian sebesar 80%

Jaringan Prasaranan Angkutan Jalan dengan indikator :

  1. Tersedianya halte pada setiap kabupaten yang telah dilayani angkutan umum dalam trayek, dengan tingkat capaian sebesar 30%
  2. Tersedianya terminal angkutan penumpang pada setiap kabupaten yang telah dilayani angkutan umum dalam trayek, dengan tingkat capaian sebesar 90%.

Fasilitas Perlengkapan Jalan, dengan indikator Tersedianya fasilitas perlengkapan jalan, dengan tingkat capaian sebesar 76%

Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor, dengan indikator tersedianya unit pengujian kendaraan bermotor bagi kabupaten yang memiliki populasi kendaraan wajib uji minimal 4000 (empat ribu) kendaraan wajib uji, tingkat capaian sebesar 100%

Sumber Daya Manusia (SDM), dengan indikator :

  1. Tersedianya sumber daya manusia (SDM) di bidang terminal pada kabupaten yang telah memiliki terminal, tingkat capaian sebesar 69%
  2. Tersedianya sumber daya manusia (SDM) di bidang pengujian kendaraan bermotor pada kabupaten yang telah melakukan pengujian berkala pada kendaraan bermotor, tingkat capaian sebesar 71%
  3. Tersedianya sumber daya manusia (SDM) di bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL), evaluasi andalalin, pengelolaan parkir pada kabupaten, tingkat capaian sebesar 83%
  4. Tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi sebagai pengawas kelaikan kendaraan pada setiap perusahaan angkutan umum, tingkat capaian sebesar 57%

Pelayanan Keselamatan, dengan indikator terpenuhinya standar keselamatan bagi angkutan umum yang melayani trayek di dalam Kabupaten, tingkat capaian sebesar 80%.

1.2.      Tingkat Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Urusan Komunikasi dan informatika

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 22 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Komunikasi dan Informatika di Kabupaten/Kota, terdapat 2 (dua) jenis pelayanan dasar yang harus di laksanakan, yaitu :

1.2.1.   Pelaksanaan Desiminasi Informasi nasional, dengan indikator Pelaksanaan Desiminasi dan Pendistribusian Informasi Nasional dengan indikator : :

  1. Media massa seperti Radio Suara Perwira dan Radio Ardi Lawet FM,
  2. Media baru website (media online) www.purbalinggakab.go.id,
  3. Media tradisional seperti pertunjukan rakyat,
  4. Media interpersonal seperti saresehan, ceramah/diskusi dan lokakarya,
  5. Media luar ruang seperti media buletin, leaflet, booklet, brosur, spanduk dan baliho,

1.2.2.   Pengembangan dan Pembedayaan Kelompok Informasi Masyarakat, dengan indikator Cakupan pengembangan dan pemberdayaan Kelompok Informasi masyarakat di tingkat kecamatan,