Pemilihan Duta Internet Sehat dan Aman Indonesia 2013

duta internet sehat

Kementrian Kominfo pada tahun 2013 ini akan memilih Duta Internet Sehat dan Aman yang akan diseleksi dari pelajar SMP/SMA/SMK seluruh Indonesia. Duta Internet Sehat dan Aman (INSAN) adalah sosok yang secara resmi dipilih untuk menjadi ikon pengguna internet yang sehat dan aman serta bertugas mengkampanyekan budaya internet sehat dan aman di lingkungannya serta masyarakat luas di Indonesia.

Penggunaan internet yang begitu luas di Indonesia, khususnya di kalangan remaja, memberikan manfaat yang besar bagi beberapa aspek kehidupan. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri muncul juga sisi negatif dari teknologi ini, sebut saja penipuan, pelanggaran privasi, pencurian data, pornografi dan sebagainya. Banyak pengguna muda internet di Indonesia yang masih belum memanfaatkan internet secara produktif dan sering tidak sadar akan bahaya yang mengancam.

Duta Insan yang berasal dari kalangan remaja diharapkan dapat membantu sosialisasi ke rekan seusianya untuk dapat memanfaatkan internet secara CAKAP (Cerdas – Kreatif – Produktif). Cerdas berarti mampu memanfaatkan internet secara baik dalam arti tepat guna dan aman sesuai etika, budaya dan norma yang berlaku. Kreatif artinya mampu menciptakan karya baru yang berpotensi memberikan manfaat dan nilai tambah, serta Produktif yang berarti mampu mendapatkan atau memberikan manfaat yang maksimal dari penggunaan teknologi dan internet untuk diri sendiri dan orang lain.

Pendaftaran Duta Insan ini dilakukan secara online melalui situs duta.insan.or.id sejak bulan Juli 2013 dan akan ditutup pada tanggal 15 Oktober 2013. Selanjutnya akan dilakukan proses seleksi untuk memilih 20 orang finalis Duta Insan yang akan mengikuti boot camp selama 3 (tiga) hari dimana peserta akan dibekali dengan beragam materi tentang teknologi dan kebijakan seputar teknologi informasi dan komunikasi dari beragam pakar dan praktisi TIK di Indonesia. Pada boot camp ini juga sekaligus akan dilakukan penjurian terhadap finalis. Malam puncak akan dilaksanakan pada tanggal 4 November 2013 di Jakarta, dimana pemberian Anugerah Duta Insan 2013 akan diserahkan langsung oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring.

sumber : http://kominfo.go.id/siaran_pers/detail/4233/Siaran+Pers+No.+75-PIH-KOMINFO-9-2013+tentang+Pemilihan+Duta+Internet+Sehat+dan+Aman+Indonesia+2013

You may also like...

1 Response

  1. Siip.. sip.. Info yang InsyaAllah sangat bermanfaat. Terimakasih yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *