IMG_9058

PURBALINGGA , Wakil Bupati Purbalingga, Tasdi telah mengikuti Tarwaih Keliling (Tarling) 16 tahun masa kepemimpinannya di pemerintahan. Dimulai Tahun 1999-2004 sebagai angota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD). 2004-2014 sebagai Ketua DPRD, serta sebagai Wakil Bupati 2014-2015.

Wakil Bupati Purbalingga mengatakan kegiatan Tarling merupakan salah satu visi misi yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Purbalingga. Yakni Purbalingga yang mandiri dan berdaya saing menuju masyarakat sejahtera yang berkeadilan dan berakhlak mulia / berakhlaqul karimah.

“Tarling merupakan salah satu dari empat pilar pembangunan. Yaitu pendidikan agama, kesehatan, ekonomi kerakyatan dan pembangunan perdesaan,” kata Tasdi saat Tarling Tim II, di Masjid Al-Ihklas Desa Tlahab Kidul Kecamatan Karangreja.

Tasdi menambahkan Tarling mempunyai tujuan yang mulia, pertama untuk membangun talisilaturahmi antara umaro, ulama dan umat dalam menjaga ukhuwah Islamiyah, ukhuwwah basyariyah, ukhuwah wathaniah. Kedua memberikan motivasi agar umat giat beribadah dan mengajak orang untuk selalu bertaqwa.

“Yang ketiga menyerap aspirasi, memberikan informasi, dan memonitoring penyelenggaraan pembangunan di wilayah,” kata Tasdi.

Terkait dengan pemerintahan desa, Tasdi mengatakan Alokasi Dana Desa (ADD) baru sebagian yang cair yakni 34 desa. Tasdi berharap agar ADD bisa dicairkan sebelum lebaran, sehingga proses pelayanan terhadap masyarakat tidak terhambat.

“Sehubungan dengan akan diadaknnya pemilihan bupati dan wakil bupati, diharapkan keamanan dan ketertiban selalu dijaga. Partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS juga perlu ditingkatkan,” ujar Tasdi.

Sedangkan Kepala Kementrian Agama Purbalingga, Rochiman dalam kuliah tujuh menitnya (Kultum) mengatakan puasa mempunyai tujuan agar ketaqwaan manusia meningkat. Momen puasa puasa harus dimanfaatkan untuk berlomba-lomba dalam beribadah.

“Dengan semakin banyak beribadah, diharapkan dapat meningkatkan derajat Muttaqin di mata Allah SWT,” ujar Rochiman.

Pada kesempatan itu juga dibagikan bantuan dari Baznas Purbalingga untuk 10 orang petugas Masjid dan 20 guru ngaji masing-masing Rp. 250.000,-. Pemberian santunan kepada anak yatim masing-masing desa sebanyak 10 orang sebesar Rp 10 ribu. Selain itu juga dilakukan pemberian bingkisan dari Wakil Bupati, Ketua Dewan dan Kepala SKPD kepada pengurus Ta’mir Masjid.

Untuk Tim I tarling bertempat di Masjid Baitul Makmur, Desa Tajug Kecamatan Purbalingga. Pemimpin rombongan Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto. (Sapto Suhardiyo)